Kamis, 16 Maret 2017

Pengertian Makanan Sehat Untuk Anak

Makanan adalah sumber energy bagi tubuh untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Jika tubuh kita kekurangan energy maka tubuh kita akan lemas dan mudah lelah bahkan bisa jatuh sakit. Tentu saja makanan yang kita makan haruslah makanan yang sehat sehingga benar-benar dapat berfungsi sebagai sumber energy bagi tubuh kita.
Makanan yang sehat mempunyai beberapa fungsi untuk tubuh kita antara lain: untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah rusak atau tua, pengaturan metabolism tubuh, penjaga keseimbangan cairan tubuh, pertahanan tubuh terhadap penyakit, dan seperti yang sudah saya sebutkan di atas juga sebagai penghasil energi.
makanan sehat untuk anak


Makanan dikatakan sehat kalau mengandung sejumlah zat yang sangat diperlukan tubuh. Zat-zat tersebut antara lain:
1.Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama, berperan penting dalam proses metabolisme, menjaga keseimbangan asam dan basa, membentuk struktur sel-jaringan-dan organ, dan membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan, misalnya selulosa. Sumber karbohidrat antara lain: padi-padian (beras, gandum, jagung), umbi-umbian (singkong, ubi, kentang), tepung, dan sagu.
2.Lemak
Fungsi lemak selain sebagai sumber energi, sebagai penyusun membrane sel, sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai cadangan makanan bagi tubuh. Lemak dapat diperoleh dari tumbuhan (nabati) maupun hewan (hewani). Makanan yang mengandung lemak antara lain: kacang-kacangan, minyak goring, daging, dan susu.
3.Protein
Fungsi protein dalam tubuh antara lain: mensintesis zat-zat penting tubuh (hormon, enzim, dan antibodi), pertumbuhan-perbaikan-pemeliharaan jaringan tubuh, pelaksanaan metabolism tubuh, penyeimbang asam dan basa cairan tubuh, pemeliharaan tekanan cairan dalam sekat rongga tubuh, penyedia sumber energi, dan penetralan racun dalam tubuh. Protein bisa didapat dari hewan (daging, susu, ikan, telur) atau dari tumbuhan berupa biji-bijian.
4.Vitamin
Vitamin berfungsi sebagai koenzim (zat yang memacu bekerjanya suatu enzim). Vitamin ada yang larut dalam lemak (jika kelebihan disimpan sebagai lemak) dan yang tidak larut dalam lemak (jika kelebihan akan dibuang ke luar tubuh). Ada berbagai jenis vitamin antara lain: Vitamin A (berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Bisa didapat pada hati, minyak ikan, lemak hewani, kuning telur, wortel, dan tomat), vitamin B1 (berfungsi mengoksidasimakanan untuk memperoleh energi. Bisa didapat pada kulit beras, kacang hijau, sayuran, hati, susu, dan daging), vitamin B2 (berfungsi sebagai pernafasan sel, menjaga keutuhan jaringan saraf dan kornea mata. Bisa didapat pada hati, susu, telur, dan ragi), vitamin B6 (berfungsi membantu tubuh mencerna protein dan respirasi seluler. Bisa didapat pada telur, daging, kentang, dan kubis), vitamin B12 (berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah. Bisa didapat pada daging, susu, dan ragi), vitamin C (berfungsi sebagai keutuhan zat perekat antar sel dan menjaga kekebalan jaringan epitel. Bisa didapat pada jeruk, papaya, tomat, pisang, dan sayuran hijau segar), vitamin D (berfungsi membantu pertumbuhan tulang. Bisa didapat pada susu, mentega, kuning telur, dan minyak ikan), vitamin E (berfungsi membantu system reproduksi. Bisa didapat pada biji-bijian, sayur-sayuran, telur, mentega, dam susu), vitamin K (berfungsi mempercepat pembekuan darah dan mencegah keguguran. Bisa di dapat pada sayuran hijau, biji-bijian, dan hati).
5.Mineral
Fungsi mineral adalah sebagai pembentukan struktur tubuh. Beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain: kalsium (untuk pembentukkan tulang dan gigi), besi (untuk pembentukkan haemoglobin), natrium (untuk proses kontraksi otot), fosfor (untuk proses pembentukkan energy dalam sel). Mineral yang paling lengkap bisa didapatkan pada susu.
6.Air
Air adalah komponen terbesar penyusun protoplasma. Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air. Fungsi air bagi tubuh antara lain: melarutkan makanan dan mempercepat reaksi kimia dalam tubuh, mengangkut sisa zat pembakaran yang tidak terpakai, mengangkut berbagai substansi dalam tubuh, membentuk cairan tubuh, dan mengatur suhu tubuh.

Anak

Semua manusia yang belum beranjak dewasa dan belum mengalami pubertas masih bisa dikategorikan anak. Biasanya struktur tubuh, daya tahan dan fungsi organ tubuh anak belum sesempurna orang dewasa. Anak akan cenderung gampang sakit kalau terinfeksi virus dan bakteri atau kalau makanan yang dikonsumsi kurang sehat. Di sinilah pentingnya orang tua mengetahui, menganjurkan, dan memberikan makanan sehat untuk anak, agar anak tumbuh sehat dan cerdas serta tidak mudah sakit. Bayangkan saja, kalau orang dewasa saja perlu mengkonsumsi makanan yang sehat tentu lebih-lebih yang masik anak-anak.
makanan sehat untuk anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar